Pelaksanaan Try Out (LUN) SMK Negeri 1 Blambangan Umpu


Pelaksanaan Try Out (Latihan Ujian Nasional) LUN

SMK Negeri 1 Blambangan Umpu Way Kanan)

Latihan Ujian Nasional (LUN) SMK Negeri 1 Blambangan Umpu Kabupaten Way kanan, hari ini berakhir. LUN diakhiri dengan mata pelajaran matematika. Matematika ditempatkan di akhir LUN karena berbagai alasan. Pertama, pelajaran matematika banyak ditakuti oleh para siswa, maka untuk mengatasi stress atau kendurnya semangat mengerjakan soal jalan satu-satunya adalah dengan menempatkan mata pelajaran matematika di hari terakhir LUN. Kedua, dari kesiapan panitia sendiri yang kelihatan terlambat dalam menyusun soal-soal matematika. Ini mungkin karena dalam mengetik berbagai rumus memerlukan waktu yang tidak sedikit . kemudian memerlukan ketelitian yang bener-benar tepat, agar tidak terjadi kesalahan dalam menyusun soal.

Hari pertama LUN (mata pelajaran Bahasa Indonesia), tanggal 2 Maret yang lalu diwarnai dengan kekacauan soal. Ini dikarenakan kekurangtelitian panitia dalam menyusun soal. Banyak soal yang salah. Di antaranya ada soal yang sama, ada soal yang tidak ada pilihan jawaban. Gambar atau grafik yang tidak jelas. Soal dan lembar jawaban yang dicetak kurang dan lain sebagainya. Untuk mengatasi itu maka panitia masuk ke semua ruangan demi ruangan untuk memberikan penjelasan.

Karena kekacauan soal ini LUN dimulai pada pukul 10.00 WIB. Banyak anak yang agak kecewa karena menunggu sejak dari pukul 7.00 WIB. Kekecewaan ini mereka (siswa) ungkapkan dengan menanyakan kapan mulai LUN dengan kesal. Banyak dari guru-guru yang mengkritik kinerja panitia, tetapi mereka (guru-guru pengkritik) bisanya hanya mengkritik dan tidak berusaha membantu kekacauan ini, No Action Talk Only (baca:NATO). Mereka tidak tahu apa yang telah panitia kerjakan, apa yang telah panitia korbankan untuk mensukseskan LUN ini.

Belajar dari pengalaman hari pertama, hari kedua lancar dan sukses. Banyak persiapan yang telah dilakukan. Dengan sungguh-sungguh panitia meneliti lembar demi lembar naskah soal dan jawaban. Pelaksanaan LUN hari kedua ini tepat waktu . LUN dimulai pukul 8.00 WIB dan berakhir pukul 10.00 WIB.

Bidang studi yang diujikan adalah Bahasa Inggris. Banyak siswa mengeluh karena soal-soalnya sulit. Tetapi ada juga yang merasa mampu dan yakin benar dalam menjawab soal-soal. Ada pula yang biasa-biasa aja menghadapi LUN ini karena bagi mereka LUN hanyalah latihan saja belum ujian sebenarnya.

Hari ketiga, kamis 4 maret 2010 Peserta LUN mengikuti ujian Matematika. Disediakan 30 soal dan dikerjakan dalam waktu 2 jam. Semua peserta LUN menghadapi dengan tenang. Begitu jelas dari raut muka yang tampak begitu serius mengerjakan soal matematika. Menurut pendapat dari salah satu siswa, semua soal pernah diajarkan oleh guru matematika. Tidak ada yang tidak pernah diajarkan alias soal-soal yang pernah diajarkan keluar. Para Peserta LUN berharap bahwa Ujian Nasional mendatang, soal-soal yang keluar kira-kira hampir sama dengan soal-soal LUN yang pernah dikerjakannya. Para guru juga berharap sama dengan peserta LUN.

Demikian yang bisa disampaikan semoga Ujian Nasional mendatang bisa sukses tanpa ada hambatan dan semua peserta UN lulusa dengan sempurna. Amin….

@tholex1979

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s