Bagaimana Teknologi BlueRay Bekerja


Apa yang dimaksud dengan Disk Blu-Ray?

Sebuah blu ray adalah disk video digital yang dapat merekam, menyimpan dan memutar ulang video definisi tinggi, digital audio dan data komputer.

Pertimbangkan, satu-sisi DVD standar. Hal ini mampu menyimpan 4,7 GB data (atau tentang ukuran film dua jam rata-rata, standar-definition). Namun, film high-definition ada kejelasan jauh lebih besar dan perlu lima kali lebih bandwidth. Jelas disk DVD standar yang memadai dan Blu Ray disk adalah solusinya.

Today’s set televisi dan studio film telah membuat lompatan ke arah teknologi definisi tinggi dan opsi playback dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar menjadi penting untuk menangkap dan penyimpanan.

Jadi, bagaimana Blu Ray Bekerja? Sebelum kami memberitahu Anda, mari kita membahas beberapa keuntungan ke Blu Ray.

Peningkatan Kapasitas Penyimpanan

* Lapisan-single disk Blu-ray adalah tentang ukuran yang sama sebagai DVD standar tapi mampu menyimpan hingga 27 GB data – lebih dari dua jam video high-definition atau sekitar 13 jam video standar!

* Double-layer Blu-ray disk memiliki kapasitas penyimpanan hingga 54 GB dan dapat menyimpan 4,5 jam video high-definition atau lebih dari 20 jam video standar. Perkembangan menunjukkan bahwa disk Blu ray akan segera mampu bertahan dua kali lipat jumlah ini.

Blu-ray Penawaran Peningkatan Interaktivitas

* Dengan munculnya Blu Ray disk, pengguna komputer akan memiliki keuntungan tambahan yang dapat men-download sub judul dan fitur lain film interaktif langsung dari Internet. Tugas mereka akan dapat melakukan meliputi:

* Merekam kualitas High Definition Television (HDTV) dengan sempurna

* Skip ke setiap tempat pada disk langsung

* Merekam program sementara pada saat yang sama menonton program kedua pada disk

* Membuat daftar putar

* Mengedit dan re-pemesanan data yang tersimpan pada disk.

* Pencarian otomatis untuk ruang kosong pada disk (untuk menghindari kecelakaan)

* Akses Web dan fitur download seperti sub judul.

Blu-ray memiliki Transfer Rate Peningkatan

Kecepatan transfer data pada Blue Ray adalah 36 Mbps (megabit per detik). Jauh lebih tinggi daripada DVDat 10 Mbps. Sebuah cakram Blu-ray dapat merekam 25 GB materi dalam sedikit lebih dari satu jam setengah!

Blu-ray Penawaran Peningkatan Keamanan

Blu-ray disc lebih baik dilindungi dari DVD. Sebuah sistem enkripsi yang aman dilengkapi dengan setiap disk, ini adalah ID unik yang melindungi terhadap pembajakan video dan pelanggaran hak cipta.

Bagaimana Blu Ray Bekerja

Disk menyimpan video digital dikodekan dan informasi audio dalam alur spiral yang disebut pit. Alur ini dijalankan dari pusat disk ke tepi. Data diakses ketika laser membaca sisi lain dari lubang ini yaitu ‘benjolan’ memungkinkan kita untuk menonton film atau mendengarkan CD.

Jika disk berisi sejumlah besar informasi yang lubang-lubang yang dikemas bersama-sama erat dan jauh lebih kecil. Sebagai lubang menjadi kecil laser harus menjadi lebih dan lebih akurat dalam kemampuannya untuk membaca data.

DVD menggunakan laser merah untuk membaca dan menulis data tetapi disk Blu Ray menggunakan laser biru untuk mengakses informasi. laser biru memiliki panjang gelombang lebih pendek (405 nanometer) dibandingkan laser merah (650 nanometer) dan balok yang lebih kecil memiliki kemampuan untuk fokus pada lubang yang lebih akurat.

Blue Ray disk dapat membaca informasi yang dicatat dalam lubang sekecil 0,15 mikron (pM) (1 mikron = 10-6 meter) selama dua kali yaitu lubang-lubang kecil pada DVD. Selain itu Blu Ray telah mengurangi pitch lagu dari 0,74 menjadi 0,32 mikron mikron.

Kombinasi lubang yang lebih kecil, lebih kecil dan pitch balok lagu pendek berarti bahwa lapisan-tunggal Blu Ray disk dapat menyimpan lebih dari 25 GB informasi, itu sekitar lima kali jumlah informasi yang dapat disimpan pada disk DVD.

Sebuah disk Blu-ray adalah sekitar 1,2 milimeter tebal (sama dengan DVD), tetapi disk menyimpan data dalam berbagai cara. DVD disk menyimpan data antara dua lapisan polikarbonat, masing-masing 0,6-mm tebal. Lapisan polikarbonat dapat menimbulkan masalah yang disebut birefringence yaitu lapisan substrat dibiaskan sinar laser menjadi dua terpisah balok.

Jika balok dibagi terlalu lebar, disk tidak dapat dibaca dan jika permukaan DVD tidak sempurna dan tegak lurus terhadap balok, mungkin menyebabkan ‘memiringkan disk’ untuk, di mana sinar laser terdistorsi. Untuk alasan ini pembuatan DVD adalah proses yang sangat terlibat.

Bagaimana Blu Ray Disk Hindari Masalah ini?

Blu Ray membaca disk meringankan masalah dengan menempatkan data di atas 1.1. mm tebal lapisan polycarbonate. Karena hal ini di birefringence atas adalah dihindari. Selain itu lapisan perekaman dalam jarak sangat dekat dengan lensa objektif pembaca sehingga kemiringan disk dihilangkan. Disk dilindungi dengan menempatkan lapisan keras di atas permukaan disk.

Proses cetak-injeksi pada disk 1,1-mm tunggal mengurangi biaya manufaktur dan diimbangi dengan biaya menambahkan lapisan pelindung.

Pada akhirnya harga adalah hampir sama dengan DVD.

Bagaimana Format untuk Blu Ray Disk?

Blu Ray telah dirancang dalam beberapa format:

* BD-ROM (read-only) – untuk konten pra-rekaman * BD-R (recordable) – untuk penyimpanan data PC * BD-RW (rewritable) – untuk PC penyimpanan data * BD-RE (rewritable) – untuk merekam HDTV

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s