Ibadat Sabda Hari Sabtu, 6 Agustus 2011


Ibadat Sabda Hari Sabtu, 6 Agustus 2011
SMK NEGERI Blambangan Umpu
Oleh PAK BUDI

I. Ritus Pembuka.
II. Lagu Pembukaan
III. Tanda Salib
Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin
IV. Salam
Semoga kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan dari Tuhan kita Yesus kristus selalu beserta kita. Sekarang dan selama-lamanya.
V. Pengantar
Anak-anakku yang kekasih dalam kristus, pada kesempatan yang berbahagia ini sudah selayaknya kita bersyukur kepada Tuhan karena berkat Dia dan Karena Dia kita masih diperkenankan berkumpul di tempat ini. Anak-anakku, pada kesempatan yang terakhir ini kita akan mendengarkan sabda Tuhan melalui Injil Lukas 6:27-36 tentang mengasihi musuh. Terkadang entah sadar atau tidak sadar kita memiliki musuh. Teman kita, saudara kita bahkan mungkin saja di dalam keluarga kita sendiri kita dimusuhi atau memusuhi kita. Apa yang harus kita perbuat bila itu terjadi di dalam kehidupan kita? Jawabannya adalah pada Injil yang akan kita dengarkan sesaat lagi.
Anak-anakku yang kekasih dalam Yesus Kristus, agar perayaan ini layak dan diterima oleh Allah Bapa Yang Mahakuasa marilah kita bersama-sama mengakui segala kesalahan kita dengan berdoa: (marilah kita hening sejenak………..)
VI. Pernyataan Tobat
Saya mengaku kepada Allah Yang Mahakuasa dan kepada saudara sekalian bahwa saya telah berdosa dengan pikiran dan perkataan, dengan perbuatan dan kelalaian. Saya berdosa, saya berdosa, saya sungguh berdosa. Oleh sebab itu saya mohon kepada Santa Perawan Maria, kepada para Malaekat dan orang Kudus dan kepada saudara sekalian supaya mendoakan saya pada Allah Tuhan kita.
Absolusi : Semoga Allah Yang Mahakuasa Mengasihani kita, mengampuni dosa-dosa kita dan mengantar kita ke hidup yang kekal. Amin.
VII. Tuhan Kasihanilah kami
Tuhan kasihanilah kami.
Kristus kasihanilah kami
Tuhan kasihanilah kami
VIII. Doa Pembuka
Allah Bapa kami, Engkau telah menghimpun kami yang berbeda-beda ini menjadi satu tubuh dalam satu roh. Semoga dengan kuasa sabda yang hendak Kau firmankan kepada kami, Rohmu itu menerangi hati yang keruh, menguatkan hati yang lemah, dan menyegarkan hati yang lelah. Dengan perantaraan Yesus Krsitus, putra-Mu, Tuhan kami yang hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa. Amin
IX. Pembacaan Injil Lukas 6:27-36 Kasihilah Musuhmu
Tuhan beserta kita.
Sekarang dan selama-lamanya.
Inilah injil Yesus kristus menurut Santo Lukas.
Terpujilah kristus.
27. “Tetapi kepada kamu, yang mendengarkan Aku, Aku berkata: Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu.
28. Mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu; berdoalah bagi orang yang mencaci kamu.
29. Barang siapa menampar pipimu yang satu, berikanlah juga kepadanya pipimu yang lain, dan barang siapa yang mengambil jubahmu, biarkan juga ia mengambil bajumu.
30. Berilah kepada setiap orang yang meminta kepadamu; dan janganlah meminta kembali kepada orang yang mengambil kepunyaanmu.
31. Dan sebagaimana kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah juga demikian kepada mereka.
32. Dan jikalau kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah jasamu? Karena orang-orang berdosapun mengasihi juga orang-orang yang mengasihi mereka.
33. Sebab jikalau kamu berbuat baik kepada orang yang berbuat baik kepada kamu, apakah jasamu? Orang-orang berdosapun berbuat demikian.
34. Dan jikalau kamu meminjamkan sesuatu kepada orang, karena kamu berharap akan menerima sesuatu dari padanya, apakah jasamu? Orang-orang berdosapun meminjamkan kepada orang-orang berdosa, supaya mereka menerima kembali sama banyak.
35. Tetapi kamu, kasihilah musuhmu, dan berbuatlah baik kepada mereka dan pinjamkan dengan tidak mengharapkan balasan maka upahmu akan besar dan kamu akan menjadi anak-anak Allah Yang Mahatinggi, sebab Ia baik terhadap orang-orang yang tidak tahu berterima kasih dan terhadap orang-orang jahat.
36. Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati.

X. Kotbah/Homili
XI. Doa Umat oleh Para siswa.
Marilah kita satukan doa-doa kita dengan doa yang telah diajarkan oleh Tuhan Yesus sendiri.
XII. Doa Bapa Kami
XIII. Doa Penutup
Ya Bapa yang Maha Kudus, kami rindu akan dikau seperti orang yang haus merindukan air. Semoga Roh kudus memenuhi kerinduan kami itu. Semoga dalam dia kami selalu sanggup untuk menghadap engkau dengan doa yang tulus ikhlas. Dengan perantaran Kristus,Tuhan kami.

XIV. Mohon Berkat dari Tuhan
semoga kita semua yang hadir saat ini, orang yang kita doakan, pekerjaan kita selalu diberkati oleh Allah Bapa Yang Maha Kuasa, Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin.
XV. Lagu Penutup
XVI.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s