Kangker


Kangker adalah sebuah penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkontrol. Terdapat lebih dari 100 jenis kangker yang berbeda dan masing-masing diklasifikasikan berdasarkan jenis sel awal yang tumbuh.
Kangker merugikan tubuh ketika sel-sel rusak membelah tak terkendali untuk membentuk gumpalan atau massa jaringan yang disebut tumor. Tumor dapat tumbuh dan mengganggu pencernaan dan sistem peredaran darah dan dapat melepaskan hormon yang mengubah fungsi tubuh. Tumor yang tinggal di satu tempat dan menunjukkan pertumbuhan yang terbatas umumnya dianggap jinak.
Tumor dianggap lebih berbahaya dan ganas jika sel kangker berhasil menyebar keseluruh tubuh dengan menggunakan darah atau sistem getah bening dan menghancurkan jaringan sehat dalam proses yang disebut invasi.
Ketika tumor berhasil menyebar ke bagian lain dari tubuh dan tumbuh, menyerang dan menghancurkan jaringan sehat lainnya atau biasa disebut metastasis maka akan mengakibatkan kondisi serius yang sangat sulit untuk diobati.
Kangker adalah hasil akhir sel-sel yang tumbuh tak terkendali fan tidak mati. Sel-sel normal dalam tubuh terprogram untuk pertumbuhan, pembagian dan kematian.
Kematian sel terprogram tersebut disebut proses apoptosis, dan ketika proses ini rusak kangker mulai terbentuk. Tidak seperti sel-sel biasa, sel-sel kangker tidak mengalami kematian dan terus tumbuh dan membelah.
Hal ini menyebabkan masa sel abnormal yang tumbuh di luar kendali.
Ketika umur manusia bertambah ada peningkatan jumlah kemungkinan penyebab kangker akibat dari mutasi pada DNA kita. Beberapa virus juga telah dikaitkan dengan kangker seperti papillomavirus (salah satu penyebab kangker leher rahim), hepatitis B dan C (penyebab kangker hati) dan epstein-barr (penyebab kangker pada masa kanak-kanak) seta human immunodeficiency virus (HIV) dan hal lain yang dapat menekan dan memperlemah sistem kekebalan tubuh kita.

sumber- koridor edisi 499/th. xi 1-7 feb 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s